Sabtu, 19 November 2011

Selamat Ulang Tahun Bengkulu!



18 November 1967
hari ini provinsi di tepi samudera Hindia resmi berdiri. Bengkulu. provinsi kecil yg selalu saya banggakan.

44 tahun kemudian
di rumah kecil yg hangat...
jujur saya bukanlah keturunan asli Bengkulu, Ayah saya berasal dr Gianyar-Bali, dan ibu saya berasal dr Pare-Pare,Sulawesi Selatan. keluarga saya pindah ke Bengkulu ketika saya berumur 8 bulan dalam kandungan. dan selanjutnya saya membuka mata pertama kali pun di bumi raflesia ini.

di usia bengkulu yg menginjak 44 tahun ini, saya berusaha memberi pendapat tentang provinsi Bengkulu berdasarkan cara pandang saya.

masih banyak orang-orang yg tidak mengetahui dimana lokasi Bengkulu itu sendiri. 'Bengkulu itu daerah Maluku ya?' -.- ini jujur saya temui ketika saya menemui berbagai orang baru dr provinsi lain. kesimpulan pertama: mungkin benar Bengkulu itu bukanlah daerah yg terkenal. kesimpulan kedua: orang yg tidak mengetahui lokasi bengkulu adalah orang yg lulus SD nya nyogok.

memang provinsi Bengkulu masih tertinggal dr provinsi-provinsi lain di sumatera, untuk masalah pembangunan mungkin lebih dikarenakan Bengkulu bukan merupakan kota lintas. orang harus benar-benar memiliki tujuan jika datang ke Bengkulu, bukan hanya sekedar lewat.

Bengkulu sebenarnya memiliki cukup potensi untuk membuatnya 'dikenal'. tapi yg saya liat sampai saat ini, Bengkulu adalah provinsi yg salah kelola. unsur KKN merusak ke segala aspek pemerintahan. APBD hanya habis untuk belanja pegawai dan sisanya (setelah disunat disana sini) digunakan untuk pembangunan yg tidak tepat pula. bagaimana bisa maju jika gubernurnya saja terancam di penjara?

Bengkulu sebenarnya kaya. lahan perkebunan dan batu bara buktinya. tapi ada satu yg saya sayangkan, salah kelola yg saya bilang tadi. 10km dr rumah saya ada sebuah tambang batu bara yg baru dikeruk beberapa tahun belakangan ini. bukannya memperkaya penduduk sekitar, tambang batu bara ini justru merugikan. bagaimana tidak, jalan-jalan dihancurkan puluhan truk batubara yg lalu lalang tiap hari. hei boy, batubara itu nggak akan hilang kalo nggak ditambang sekarang! kalo memang belum bisa mengelolanya sendiri secara maksimal, biarkan anak cucu kita saja yg memanfaatkannya.

terus apa yg udah 'bener' di Bengkulu? pariwisata? Bengkulu udah cukup terkenal kok. salah satunya berterimakasihlah kepada mahasiswa-mahasiswa asal Bengkulu yg kuliah di daerah lain.merekalah yg dgn bangga bercerita tentang kampung halamannya yg memiliki pantai indah berkilo-kilometer, rumah pendiri negara ini, benteng Inggris yg megah, dan sebagainya. cuma Bengkulu harus menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung jika memang ingin menjual pariwisatanya.

saya memang hanya bisa berpendapat, dgn umur 19th saya masih terlalu bermimpi dan terlalu jauh untuk bisa merubah Bengkulu secara langsung. tp tenang saja, saya tidak sendiri. teman-teman saya juga sedang berjuang menimba ilmu di daerah orang, dan akan kembali suatu saat nanti untuk memberikan kontribusinya untuk membuat 'rumah' kami menjadi lebih
baik.

selamat ulang tahun Bengkulu.. telepas dari semua hal yg mengganggu, tetaplah menjadi rumah yg selalu saya rindukan untuk pulang...


didedikasikan untuk orang-orang yang berani mengubah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 TEMBOK KELAS